KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 29 Juli 2004

Berdasarkan penelitian para ahli, lapisan ozon di atas permukaan bumi telah mengalami kerusakan akibat terlepasnya beberapa jenis bahan kimia ke udara bebas. Bahan kimia yang diidentifikasi dapat menyebabkan kerusakan lapisan ozon adalah senyawa kimia yang mengandung atom chlorine dan bromine. Akibat tingginya tingkat radiasi UV sinar matahari di bagian stratosphere, senyawa-senyawa tersebut dapat terurai menjadi bentuk atom yang sangat reaktif yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan ozon. Untuk setiap 10 persen penipisan lapisan ozon akan menyebabkan kenaikan radiasi UV sebesar 20 persen. 

Sebagai negara yang telah meratifikasi Konvensi Wina tentang Perlindungan Lapisan Ozon dan Protokol Montreal tentang Penghapusan Bahan Perusak Ozon (BPO), Indonesia mempunyai kewajiban untuk melakukan penghapusan konsumsi BPO secara bertahap. Definisi konsumsi disini bukan penggunaan melainkan impor, karena Indonesia bukan negara produsen. Indonesia harus bisa menghapuskan impor BPO sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Protokol Montreal. 

Salah satu sektor pengguna yang mempunyai nilai konsumsi terbesar adalah refrigerasi termasuk AC mobil. Untuk menghapuskan konsumsi di sektor tersebut, Indonesia mendapat bantuan dari MLF yang disalurkan melalui World Bank. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemberian bantuan peralatan Recovery, Recycling dan Recharging (3R) kepada 900 bengkel. Kemudian juga dilaksanakan pelatihan untuk teknisi-teknisi bengkel mengenai penanganan refrigeran yang memperhatikan aspek lingkungan. 

Untuk menjelaskan tentang tata cara pemberian bantuan dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak penerima bantuan telah diadakan workshop beberapa kali yaitu : 

Jakarta                             
:

-Tanggal 17 Mei dihadiri oleh 46 bengkel AC Mobil 
-Tanggal 24 Mei dihadiri 64 bengkel AC Mobil 
-Tanggal 17 Juni dihadiri peserta sebanyak 8 bengkel AC Mobil 
-Tanggal 29 Juli dihadiri oleh 55 peserta bengkel AC Mobil 
Bandung, 28 Juni 2004     : dengan jumlah peserta 18 bengkel AC Mobil
Surabaya, 21 Juni 2004    : dengan jumlah peserta 42 bengkel AC Mobil 

Dengan adanya bantuan peralatan 3R ini diharapkan para pengelola bengkel AC Mobil dapat mengurangi penggunaan CFC-12 / freon dan menangani penggunaan bahan refrigeran tersebut secara hati-hati dan memperhatikan aspek lingkungan.

Informasi lebih lanjut, hubungi : 

Asisten Deputi Urusan Atmosfer dan Perubahan Iklim 
Deputi Bidang Pelestarian Lingkungan 
Telp. 021 – 851 7164
Fax. 021 – 859 02521 
E-mail. ozonenet@cbn.net.id  atau
ozon@menlh.go.id