KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

bali_plakat.jpgDenpasar Bali – Kementerian Negara Lingkungan Hidup cq Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan pada Deputi Komunikasi Lingkungan dan pemberdayaan Masyarakat bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Denpasar,  pada tanggal 3 Oktober 2007  menyelengarakan Workshop Penguatan Kemitraan dan Pembentukan Kader Lingkungan  untuk meningkatkan Peranserta Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kawasan perkotaan bagi Dunia usaha dan pekerja, Permukiman serta komunitas Keagamaan.

Workshop tersebut  dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir.I.. Ketut . Suandi, M.Si  mewakili Walikota Denpasar yang dalam sambutannya menyatakan bahwa dewasa ini masalah lingkungan sudah menjadi issu Global, kerusakan lingkungan akibat ulah manusia menjadi ancaman global pada umumnya dan Bali pada khususnya. Kepedulian kita terhadap masalah lingkungan perlu ditingkatkan pengelolaannya yang mengacu pada skala mikro, meso dan makro serta agar diimplementasikan oleh segenap elemen masyarakat demi untuk keselamatan umat manusia serta lingkungan alam itu sendiri. Alam telah memberikan kita  kenikmatan yang luar biasa dalam kehidupan ini, namun apakah yang telah kita berikan untuk alam ? oleh karena itu marilah kita jaga dan lestarikan lingkungan kita dan jangan biarkan ada yang merusaknya, bukankah lingkungan hidup kita ini titipan anakcucu bukan warisan nenek moyang.

Sedangkan Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Dunia Usaha dan Pekerja, Ngadijanto, SH bahwa permasalahan pengelolaan lingkungan diseluruh perkotaan di tanah air ini, telah menjadi persoalan klasik tetapi hamper tidak pernah ada solusi yang tepat untuk menuntaskannya. Telah begitu banyak teori yang telah diujicoba terapkan, baik yang berorientasi tradisional maupun yang berwawasan  penerapan teknologi, tetapi hasilnya masih belum optimal. Bahkan semakin lama kuantitas permasalahannya berkecenderungan terus semakin meningkat.

Dalam workshop sehari tersebut, telah diisi materi oleh berbagai nara sumber tentang Upaya memotifasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup di Denpasar, Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup di Bali dan Nusa Tenggara, Peluang dan tantangan Kota Denpasar dalam mewujudkan Kota berwawasan lingkungan, Isu Kebijakan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Prop. Bali, dan tidak ketinggalan dari pihak PHDI turut mengisi acara tersebut dari sisi moral dan spiritual dengan tema Bagaimana Membangkitkan Kesadaran Masyarakat dan komunitas keagamaan dalam mengelola lingkungungan khusus umat Hindu.

Sebelum  workshop ditutup, sebanyak 80 (delapan puluh) kader peduli lingkungan yang sebelumnya telah memperoleh pencerahan berupa pembekalan lingkungan, dikukuhkan sebagai Kader Peduli Lingkungan Kota Denpasar  oleh Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Bali, Nusa Tenggara, Ir. R. Sudirman, MM,  dengan penyematan PIN Warga Madani dan pemberian Piagam Kader Lingkungan .

Sumber:
Asdep Masyarakat Perkotaan
Jl. DI Panjaitan Kav 24 Kb. Nanas, Jakarta Timur
Tlp/Fek : 021-85911211