KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

RangkaianKegiatan HCPSN 2012.
Kementerian Lingkungan Hidup – Taman Margasatwa Ragunan, 24 November 2012. Dalam rangka peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2012, Taman Margasatwa Ragunan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan “Workshop Tingkat Pelajar Pengenalan Keanekaragaman Hayati” yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna.

Workshop di ikuti oleh siswa-siswi kelas V dan VI Sekolah Dasar yang berada di sekitar Taman MargasatwaRagunan. Tema workshop “mengenal fungsi mangrove dan kehidupan Badak Sumatera”. Dalam workshop tersebut dihadiri juga beberapa panitia HCPSN 2012, seperti dari Kwarnas Pramuka, Taman Safari Cisarua dan KLH.

Pada workshop ini, selain dikenalkan mengenai badak juga dijelaskan fungsi Mangrove bagi kehidupan manusia. Asisten Deputi Urusan Pengendalian Kerusakan Lingkungan Pesisir dan Laut Bapak Nursiwan Taqim, menyampaikan manfaat dari hutan Mangrove mulai dari penyerapan CO2 dan menghasilkan oksigen, habitat satwa dan tempat kehidupan biota air yang dibutuhkan para nelayan, melindungi pantai dari abrasi, hingga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bahan pewarna batik maupun bahan pangan alternatif.

Setelah memperoleh materi pengenalan badak dan mangrove, siswa-siswi selanjutnya dibawa keliling sambil dijelaskan keanekaragaman hayati dari koleksi Taman Margasatwa Ragunan.

Sumber:
Asdep Pengendalian Kerusakan Pesisir dan Laut
Kementerian Lingkungan Hidup