KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Workshop PPE Bali diadakan pada tanggal 23-24 Oktober 2012 adalah Workshop terakhir dari rangkaian Workshop yang rencananya di adakan di 5 Pusat Pengelolaan Eco-region se Indonesia. Acara yang dibuka oleh Assiten Deputi Komunikasi Lingkungan Siti Aini Hanum yang dilanjuti dengan paparan pertama tentang Kebijakan Pengembangan Komunikasi Lingkungan, yang dibawakan oleh Asdep Komunikasi Lingkungan sendiri.

Dalam konsepnya beliau mengharapkan pengembangan komunikasi lingkungan lewat media maya harus mengarah pada perubahan perilaku; harus melibatkan bidang Informasi, Komunikasi dan Pemberdayaan ketiga elemen ini sangat dibutuhkan sehingga proses komunikasinya berlangsung secara utuh dari proses Tahu, Paham, Peduli, Aksi sampai Advokasi.

Sedangkan Dampak Website terhadap pencitraan yang dikenal secara teori dengan sebutan Image Bulding dan Reputatian Building prosesnya dimulai dari dikenal, eksistensi, dukungan, referensi utama dan terakhir berpengaruh.

Untuk itu pembicara juga menyoroti apasaja yang menjadi prioritas publikasi di beberapa daerah tentu daerah satu dengan daerah yang lainnya sangat berbeda. Pembicara juga mengungkapkan bahwa banyak materi kampanye dan publikasi begitu juga dengan media humasnya. Website adalah hanya salah satu media dari sekian banyak media publikasi dan kampanye. Paparan dari Asdep Komunikasi rasanya melengkapi kegiatan Workshop di 5 PPE.

Melanjuti pembicara kedua sama seperti sebelumnya masih seputar Teknologi Informasi dan pengembangan website publikasi daerah dalam bentuk sinergi link ke website-2 PPE dan website BLH/BLHD. Pembicara selanjutnya dibawakan oleh Harry Suryadi yang kembali berbicara tentang metode penulisan berita. Acara akhirnya ditutup oleh Kepala Bidang Publikasi yang mewakili Asdep Komunikasi.

Berita Terkait:

Manfaat Kampanye Hemat Kertas Pada Perkembangan Media On Line
Workshop Website KLH dan BLH se-Kalimantan Bentuk Sinergi Kampanye Lingkungan Daerah

Sumber:
Asdep Komunikasi Lingkungan