KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Inna Simpang Surabaya, 13-14 September 2012. Kementerian Lingkungan Hidup melalui Asdep Komunikasi Lingkungan mengadakan Workshop Website se-PPE Kalimantan. Tujuan dari Workshop ini adalah terbangunnya jaringan komunikasi dengan sesama Lembaga penyelengara lingkungan di Daerah atau BLH baik tingkat provinsi maupun kota/kabupaten dalam bentuk pelatihan publikasi website.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang sebelumnya diadakan di Bandung pada tanggal 2 – 3 Agustus 2012 bertempat di Hotel Grand Aquila bekerjasama dengan PPE Jawa, BLH Bandung, dan BLH Provinsi, Kota/Kabupaten se-Jawa.

Acara Workshop Website se-PPE Kalimantan yang diadakan di Surabaya di buka oleh kepala PPE Kalimantan. Dalam kata sambutannya Kepala PPE Kalimantan berharap dengan komunikasi antar BLH se-Kalimantan diharapkan terjalin kerjasama dalam pertukaran informasi dan pengetahuan dalam bidang informasi, komunikasi dan Publikasi dalam bentuk website.

Sedangkan materi yang dibahas selama dua hari adalah materi dasar perkenalan Tentang Teknologi Komunikasi dan Publikasi dalam bentuk website yang berjudul “Website dan Teknologi Informasi”, dibawakan oleh Imam Susetyo (Webmaster dan Programmer). Pembicara membuka paparan awal perangkat Hardware dan software-nya dalam pengembangan website, tujuannya agar peserta lebih familiar dengan perangkat yang nantinya mereka kerjakan.

Pembicara kedua pada hari yang sama pada pukul 15.30-17.30 Wib, dibawakan oleh Kabid Perangkat Lunak dari Asdep Data dan Informasi Sdr. Aksa Tejalaksana yang menjelaskan mengenai prasarana yang dikelola dan dimiliki oleh Kementerian Lingkungan Hidup dalam mendukung kinerja Publikasi dan komunikasi dalam bentuk website. Baik dari sisi Hardware atau jaringannya maupun software atau kebijakan Open source dan system terbukannya. Dari sisi ini Pembicara lebih menekankan pentingnya Pemerintah memberikan Informasi ke masyarakat seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang.

Sedangkan pembicara ketiga, dilakukan besok harinya 14 September 2012  dibawakan oleh Praktisi media Harry Suryadi, yang juga mantan senior wartawan KOMPAS. Sesi ini sangat di tunggu peserta, mayoritas peserta sangat antusias dan mengharapkan diberikan pelatihan khusus mengenai metode munulis berita dalam website. Materinya sendiri terdiri dari tiga sesi, sesi pertama “Menulis Bebas” mendorong peserta menulis dari apa yang terlintas dalam pikirannya. Materi kedua, mengenai Tip dan Trik menulis di media website. Dan Terakhir  Tip dan Trik agar berita yang kita buat menarik dan membuat orang mau untuk membacanya.

Acara akhirnya ditutup oleh Asisten Deputi (Asdep) Komunikasi Lingkungan Siti Aini Hanum dan  berpesan pentingnya mekanisme dan alur tanggung jawab informasi sampai dengan publikasinya dalam website. Asdep mengharapkan kedepan harus ada SOP yang jelas mengenai mekanisme tersebut, untuk menghidari kesalahan dalam menginformasikan atau mempublikasikannya kemasyarakat.

Sumber:
Asdep Komunikasi Lingkungan